Blog Informasi Terbaru Seputar Gadget, Kata Mutiara, Puisi, Pantun, Zodiak, Lowongan Kerja, Desain Rumah Minimalis, Resep Makanan, Kue, Agama, Tips Trik, Daftar Harga, Film, Humor, Nama Bayi, Tutorial Jilbab Terbaru 2014-2015

Desain Rumah Adat Joglo Indonesia



Desain Rumah Adat Joglo Indonesia - Indonesia mempunyai banyak budaya serta suku yang bermacam. Diluar itu tiap-tiap suku memiliki ciri khasnya sendiri yang dapat kita saksikan dari rumah adatnya. Rumah kebiasaan Indonesia juga sangatlah banyak jenisnya, satu diantara rumah kebiasaan yang masih tetap kental serta dipertahankan oleh orang-orang yaitu rumah Jawa yang umum dimaksud dengan rumah Joglo. Rumah Joglo yaitu satu diantara rumah tradisonal suku jawa yang mempunyai bentuk yang unik. Pada intinya rumah kebiasaan Joglo Jawa Timur serta rumah kebiasaan Jawa Tengah tak mempunyai ketidaksamaan, keduanya mempunyai bentuk yang sama persis. Rumah Joglo bakal banyak kita temui pada daerah Jawa Tengah, Jawa Timur juga masih tetap ada rumah kebiasaan Joglo tetapi pada daerah sisi barat seperti ponorogo. 

Desain Rumah Adat Joglo Indonesia
Desain Rumah Adat Joglo Indonesia | gambar from images.google.co.id
Bicara perihal rumah kebiasaan Joglo, sudah pasti kita akan tahu unsur budaya orang-orang Jawa. Beberapa besar masyrakat Jawa jadikan rumah Joglo tidak cuma untuk suatu tempat tinggal, tetapi kian lebih itu. Rumah kebiasaan Joglo yaitu lambang yang melukiskan kebudayaan masayrakat Jawa. 

Rumah Joglo mempunyai 4 pilar paling utama yang berperan juga sebagai penyangga paling utama rumah. Atap rumah dan juga tiang paling utama itu semasing mewakili arah angin yakni barat-utara serta selatan-timur. Rumah Joglo terdiri jadi 4 sisi yakni Pendopo, Pringgitan, serta Omah Ndalem atau Omah Njero. 

Pendopo yaitu suatu ruangan yang letaknya paling depan serta strukturnya terbuka. Ruangan Pendopo ini dipakai orang-orang Jawa untuk terima tamu yang datang. Terkecuali untuk menjamu tamu Pendopo umumnya juga dipakai untuk tempat menyelenggarakan upacara kebiasaan serta acara seperti hajatan. 

Pringgitan yaitu ruangan yang letaknya di dalam, manfaat dari ruang ini yaitu untuk terima tamu yang mempunyai jalinan sangatlah dekat dengan sang yang memiliki rumah. Lain perihal dengan Pendopo ruang ini sedikit privat serta tak seluruhnya tamu dapat masuk dalam ruang ini. 

Omah Ndalem atau Omah Njero yaitu sisi ruang yang berbentuk lebih privat lagi. Ruang ini seperti ruangan keluarga, di mana seluruhnya aggota keluarga bakal berkumpul ditempat ini sebatas untuk bersantai atau bercengkerama. Omah Njero atau Omah Ndalem ini memiliki bentuk lebih tertutup, serta didalam Omah Njero juga masih tetap ada ruang berbentuk kamar tidur yang letaknya umumnya di dalam, di samping kanan maupun disamping kiri. 

Pada bangunan rumah minimalis yang kental dengan adat daerah kebiasaan Joglo biasanya ada 3 pintu, yakni 1 di bagian depan serta ke-2 pintu pada semasing segi rumah yakni kanan serta kiri. Tata letak pintu rumah kebiasaan Joglo tak asal-asalan, ia mempunyai arti sendiri yang melambangkan kupu-kupu yang tengah berkembang serta berjuang didalam keluarga besar. Jadi seperti yang telah dibicarakan pada awal mulanya sebenarnya rumah kebiasaan Joglo tidak cuma suatu tempat tinggal tetapi juga mempunyai lambang spesifik menurut unsur budayanya. 

Gambar Desain Rumah Adat Joglo
Gambar Desain Rumah Adat Joglo | gambar from images.google.co.id
Gambar Rumah Tradisional
Gambar Rumah Tradisional | gambar from images.google.co.id
Gambar Desain Atap Rumah Tradisional Joglo
Gambar Desain Atap Rumah Tradisional Joglo | gambar from images.google.co.id
Ada ruang yang lebih unik lagi didalam rumah Joglo yakni rumah Gedongan. Gedongan bertindak juga sebagai ruang perlindungan, tempat kepala keluarga mencari ketenangan batin, serta umumnya juga dipakai juga sebagai tempat beribadah. Pada dasarnya Gedongan yaitu ruang spesial yang dipakai untuk aktivitas yang sangatlah sakral oleh orang-orang Jawa biasanya terletak di ruang tamu. Kadang-kadang Gedongan juga dipakai juga sebagai ruangan untuk beristirahat atau kamar tidur. Diluar itu sering juga orang-orang Jawa mengalihkan manfaat Gedongan untuk dipakai juga sebagai kamar tidur pengantin yang baru menikah. 

Kekhasan rumah Joglo dapat tampak dari oranamen serta ukiran yang semasing mempunyai arti sendiri. Ukiran itu beberapa besar melambangkan pendidikan rohani, lantaran orang-orang masa dulu ada banyak dipengaruhi oleh agama Hindu serta Budha. Tetapi bersamaan dengan perubahan masa serta masuknya Islam ke pulau Jawa, ukiran yang melambangkan pendidikan rohani sedikit untuk sedikit di hilangkan. Hal semacam ini tampak dari pergantian rumah kebiasaan Joglo yang terdapat di daerah Jawa Timur seperti Lamongan, Tulungagung, Blitar, serta Ngawi. Sedang rumah Joglo yang masih tetap asli serta kental dengan kebudayaan Jawa terdapat di kota Surakarta yang disebut kota pusat peradaban Jawa. 

Sekian sepintas perihal deskripsi rumah kebiasaan Indonesia Joglo. Semoga penjelasan diatas bisa menaikkan wawasan anda perihal warisan budaya Indonesia.

Bagikan ya: Facebook Twitter Google+

Desain Rumah Adat Joglo Indonesia

Posted by Mandy Bulles, Published at 8:04 AM.

Comments Facebook :

2 comments:

  1. Setiap orang tentu mendambakan rumah yang aman, nyaman dan menyenangkan, untuk mendapatkan itu semua tidak harus dengan yang mewah, sederhana namun pas dihati itu akan lebih menyenangkan. Tentu tidak harus mahal juga karena dengan budget minim pun rumah yang aman, nyaman, asri, adem, dan tidak pernah ketinggalan trend bisa diwujudkan.

    Info seputar biaya membangun rumah murah yang berkelas silahkan baca disini:
    rumah joglo
    harga limasan
    harga limasan
    harga limasan
    harga limasan
    harga limasan
    harga limasan
    harga limasan
    harga limasan
    harga limasan
    harga limasan
    harga limasan
    harga limasan
    harga limasan
    harga limasan
    harga limasan
    pemutih wajah
    jam tangan wanita

    ReplyDelete